ads

Rasulullah zuhud tapi powerful

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakaatuhu.......segala puji dan syukur kepada Allah ta'ala yang telah memberikan kesempatan untuk updatenya blog ini.Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk pembaca.

banyak yang menganggap rasulullah hidup sangat sangat sederhana.Kadang banyak orang salah anggap kalo rasulullah miskin.Dan banyak orang salah anggap kalo setiap orang yang hidup miskin itu zuhud.

    saya katakan rasulullah memang hidup dalam kesederhanaan,itu karena pilihan dan bukan karena terpaksa,bukan karena ia tak mampu mencari uang.
    walaupun rasulullah tak memiliki harta tapi rasulullah punya akses penuh atas kekuatan ekonomi besar,ia mampu menggalang banyak dana dalam jumlah yang sangat besar untuk mensejahterakan masyarakat dan untuk membiayai peperangan.
    kita bisa lihat bagaimana rasulullah dimasa lalunya saat sebelum ia diutus menjadi rasul,ia berdagang kemana-mana dan menjadi orang kepercayaan khodijah dan akhirnya menikah dengan khodijah,ia punya banyak pengalaman dalam bidang ekonomi sejak ia di ajak pamannya untuk berdagang keluar kota.
    Dan juga karena dia adalah seorang rasul,apa yang dia doakan kepada rabbnya Allah ta'ala, in shaa Allah terkabul,bahkan rasulullah adalah orang yang buta huruf tapi dia bisa sukses mengantarkan risalah agama ini.Inilah panutan kita, Rasulullah Muhammad,................. seorang yang zuhud tapi Powerful.

ZUHUD RASULULLAH BUKAN KARENA TAK BISA CARI UANG
Rasulullah digambarkan tidur diatas pelepah kurma,tulang belikatnya berbekas pelepah Bahkan ia pernah menganjal perutnya untuk menahan lapar.Dan ia bisa berbuka dengan 3butir kurma dan seteguk air putih
memang terlihat miskin,tapi,ini adalah rasulullah dengan hal seperti itu ia mencontohkan kebaikan untuk umatnya.

Jika ia mau untuk menumpuk harta maka akan ia lakukan,tapi,ia lebih memilih menjadi panutan bagi umatnya,dia lebih memilih harta yg ia dapatkan dari peperangan,hadiah,dan bonus lainnya untuk kepentingan kaum muslimin

"ada sebuah kisah rasulullah memberikan seseorang kambing yang banyak sekali,begitu banyaknya sampai memenuhi jalan.Lalu ia kembali kepada kaumnya dan mengatakan : masuklah kalian kedala islam,sesungguhnya muhammad bila memberi dia seperti orang yang tidak takut miskin"
     dan masih banyak lagi kisah kedermawaan rasulullah,namun begitulah beliau terlihat miskin tapi sangat-sangat kuat Powerful.

Itulah rasulullah tapi banyak diantara kita umat muslim yang hanya menilai rasulullah miskin dan dan itu zuhud. memang terkadang benar cara hidup seperti itu mengikuti sunnah nabi,tpi apakah rasulullah sama sekali tidak berdaya untuk mencari uang?apakah rasulullah benar-benar miskin total?Rasulullah punya kekayaan. itulah yang kadang banyak orang lupa,dan apakah sahabat Abu bakr,Umar,Ali,Utsman,dan sahabat yang lainnya miskin? mereka tidak mmiskin,hanya saja mereka zuhud.Karena zuhud adalah orang yang memiliki dunia tapi ia tinggalkan demi kampung akhirat.Dan miskin adalah orang yang ditinggalkan oleh dunia
Hidup kaya dianjurkan,Dan gaya hidup adalah pilihan.

Dalam keadaan serba kekurangan yang kita lihat,itu pun sudah cukup bagi Rasulullah.Kita tidak bisa menduganya,betapa tidak. miskin tapi punya pasukan,punya pendanaan,dan punya akses besar lainnya
walaupun berat untuk seorang manusia biasa yang tidak punya keteguhan jiwa yang kuat seperti rasul,tapi kita bisa melihat sahabat yang lain,mereka kaya tapi tidak menampakkan kekayaannya dan saat waktunya tiba disaat mereka dibutuhkan dengan harta mereka,mereka akan keluar.

Jadi,pesan saya disini pahami benar apa yang rasulullah dan sahabat telah lakukan didalam kehidupannya.hidup miskin itu tidak tercela karena diantara keutamaannya ia lebih cepat masuk surga.
dan bukan karena kemiskinan seseorang itu menjadi rendah dan hina.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: